menubar

Friday, July 15, 2016

5 Cara Untuk Menjadi Bijaksana



Seperti yang pernah dikatakan oleh Socrates hidup yang kosong tanpa pencarian adalah hidup yang tidak berarti. Melakukan "Pencarian" disini dapat dikatakan pencarian makna hidup atau pencarian atas diri sendiri (jati diri) dan lingkungan sekitar, pencarian ini yang dapat memberikan manusia peningkatan atas kesadaran diri dan mengubah manusia itu sendiri menjadi "dirinya" yang paling terbaik.

Manusia yang "cerdas" selalu mencari ilmu pengetahuan atau kebijaksanaan, bagi mereka tidak ada yang lebih penting dari hal ini, sifat ini sudah menjadi otomatis bagi mereka, sehingga mereka sendiri tidak menyadari hal ini, jadi kalau anda masih berpikir dan sadar untuk "mencari ilmu pengetahuan atau kebijaksanaan" maka anda belum benar-benar mencari.

Dibawah ini adalah 5 hal yang dapat anda lakukan untuk memperoleh kebijaksanaan dan dapat anda terapkan seumur hidup anda;


1. Ragukan Segala Tradisi

Cara pertama adalah dengan "meragukan" tradisi atau semua ilmu yang telah diajarkan turun temurun kepada anda, lepaskan emosi saat menganalisa dan meragukan hal ini, emosi hanya akan memperkeruh penilaian anda. Ragukan ajaran adat-istiadat, agama, politik, filosofi yang anda ketahui. Setelah itu telaah kembali dan gunakan logika atau akal anda untuk melihat kembali, bayangkan sebuah kotak besar dan letakkan semua ideologi yang anda miliki (Agama, Adat, Politik, Filosofi etc) kedalam kotak tersebut, setelah itu pilah kembali mana yang menurut "Anda" benar dan masuk akal dan mana yang tidak, simpan baik-baik apa yang menurut anda tidak masuk akal dan jangan gunakan ideologi tersebut. Ideologi atau kepercayaan buta terhadap sesuatu hanyalah akan menjadi penghalang bagi anda untuk mencapai kebijaksanaan, seperti kapal yang tersangkut oleh jangkar, anda hanya bisa berjalan sebatas jangkar itu menahan anda.


2. Carilah Ilmu Pengetahuan Baru

Setelah anda meragukan segala ideologi yang ditanam oleh lingkungan sekitar, keluarga dan nenek moyang, sekarang saatnya anda menambah pengetahuan baru. Carilah pengetahuan tersebut darimanapun, entah dari buku, dari manusia sekitar, dari lingkungan etc. Saya pribadi sendiri menganggap lingkungan sekitar sudah seperti buku, habit manusia contohnya dapat dilihat seperti buku, catat semua pengetahuan itu didalam pikiran anda. Tips rahasianya adalah; Tingkatkanlah rasa penasaran dalam diri anda akan segala hal, dengan begitu kreatifitas anda akan meningkat secara pesat. Dan terakhir tak kalah penting adalah jangan takut untuk berubah dan terbuka atas pengetahuan yang anda miliki.


 3. Terapkan Pengetahuan

Pengetahuan tanpa Penerapan tidak akan menjadikan anda bijaksana, maka dari itu terapkanlah segala pengetahuan yang anda miliki. Apabila anda memiliki pengetahuan bahwa Api itu Panas maka terapkanlah agar anda tidak menyentuh Api itu. Api itu panas adalah PENGETAHUAN, tidak menyalakan Api didekat bensin adalah KEBIJAKSANAAN


4. Belajar Dari Kesalahan 

Setelah anda menerapkan pengetahuan yang anda miliki, maka anda akan banyak menyadari bahwa anda sering melakukan kesalahan di masa lalu. Masyarakan atau Lingkungan sekitar membuat kita percaya bahwa melakukan kesalahan adalah sesuatu yang buruk atau sesuatu yang harus kita hindari, tapi bagi mereka yang "cerdas" menyadari bahwa melakukan kesalahan adalah hal yang benar-benar membuat kita menjadi lebih bijaksana, dengan melakukan kesalahan dari situ anda baru benar-benar menyadari mana jalan yang harus anda tempuh untuk menjadi lebih baik mana yang harus anda hindari, jangan takut berbuat salah.


5. Terimalah Diri Anda Apa Adanya

Semakin besar pengetahuan dan kebijaksanaan yang anda miliki, maka semakin besar pula rasa sadar anda terhadap kesalahan di masa lalu yang anda lakukan. Ujian terakhir adalah dengan menerima diri anda sendiri, lepaskan rasa penyesalan atas kesalahan masa lalu. Seberapa pun besar kesalahan yang anda lakukan di masa lalu, hal tersebutlah yang menuntun anda pada hari ini, menuntun anda untuk membaca postingan ini, dan itu adalah hal yang paling penting. Tidak ada manusia yang sempurna, kesalahan adalah hal yang dibutuhkan bagi setiap manusia. Belajarlah dari masa lalu, namun jangan sampai anda terikat olehnya. Melangkahlah kedepan dan hilangkan rasa penyesalan, dengan menerima diri anda yang sekarang anda akan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, pengetahuan baru.

1 comment:

  1. puh saya mau tanya,kenapa Aleister Crowley ini bisa memiliki gagasan seperti AIWAZ,Hadit,Nuit,dll?

    bukannya kebijaksanaan itu datang saat kita berpikir secara skeptis dengan lingkungan atau kepercayaan disekitar kita?.
    misalkan dengan contoh buddha gotama yang tidak terfokus pada masalah ketuhanan tapi pemerbaikan dan introspeksi diri, lagian tuhan/gods sendiri bukan persyaratan wajib untuk menjadi pribadi yang lebih baik bukan?.





    P.S :saya sendiri tidak banyak membaca buku buku dari aleister.
    tapi dari buku yang saya baca yaitu libre 777 saya merasa jika pengetahuan dia tentang dunia spritualism ini sangat luas tapi karena itu pula pertanyaan saya ini muncul :D

    ReplyDelete