menubar

Wednesday, January 14, 2015

Penjelasan Tentang Chakra



Hai! Pelajaran kali ini saya akan membahas tentang chakra sebelum kita membahas mengenai chakra saya akan membahas dasar dari warna dan cahaya, jika kamu mengarahkan cahaya ke sebuah kaca prisma maka cahaya akan terpecah menjadi 7 spektrum warna, yaitu; Merah, Jingga (Orange), Kuning, Hijau, Biru, Nila (Indigo) dan Ungu (Violet). Kita mengenali 7 warna ini sebagai warna dari pelangi atau yang biasa disebut MEJIKUHIBINIU, 7 warna ini adalah penggabungan dari semua warna yang kita ketahui selama ini. Yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah setiap warna memiliki gelombang vibrasi tersendiri, warna Merah memiliki gelombang terpanjang dan frekuensi vibrasi terlambat diantara semua warna (itu sebabnya warna merah memiliki efek energi yang hangat dan stimulan) dan warna Ungu dengan gelombangnya yang terpendek dan memiliki frekuensi vibrasi tercepat (itu sebabnya ungu memiliki energi yang dingin dan menenangkan), saya disini tidak akan menjelaskan bagaimana hal itu dapat terjadi namun percaya atau tidak pengetahuan warna dasar ini sangatlah penting bagi pembelajaran chakra.

Dalam sains modern diketahui bahwa warna dapat mempengaruhi emosi dari seseorang, ada beberapa warna yang dapat membuat pikiran kita tenang ada beberapa warna yang dapat membuat kita semangat beraktifitas. Dan seperti yang kita tahu manusia membutuhkan energi cahaya matahari untuk meningkatkan kerja otak, emosi, tubuh fisik dan yang terpenting adalah chakra dalam setiap tubuh manusia. Lalu apa itu chakra?

Kata Chakra berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki arti "putaran", cakra seperti aliran air yang berputar konsisten disetiap titik-titik tertentu dalam tubuh. Chakra bekerja seperti black hole yang menghisap semua energi, frekuensi, vibrasi, gelombang mikro ataupun energi (emosi) orang yang berada disekitarnya. Kerja chakra berhubungan erat dengan "pikiran" (chakra crown) anda, sebagaimana kita tahu bahwa "pikiran" dapat menghasilkan frekuensi gelombang tertentu.

Yups, chakra bekerja dari atas ke bawah membentuk vertikal dimulai dari Chakra Crown (sahasrara) dan turun ke bawah sampai Cakra Dasar tulang ekor (muladhara). Dalam setiap aliran spiritual yang membahas mengenai energi dalam diri manusia mengenal berbagai cakra dalam tubuh ada yang menyebutkan chakra dalam diri manusia  terdiri dari 7 titik, 8 titik, 13 titik sampai hingga 99 titik, 7 titik chakra adalah yang paling umum diketahui.

Chakra pada diri anda lebih seperti penentu jiwa anda sendiri, dimana bila chakra itu tidak seimbang akan memberikan efek negatif terhadap hidup anda. Chakra tidak hanya dapat menghisap energi chakra juga dapat memancarkan energi, sehingga seimbang atau tidaknya chakra anda juga dapat mempengaruhi lingkungan sekitar, mereka yang dapat mengendalikan chakra-nya cenderung dapat mengendalikan chakra orang lain.

Anda yang memiliki chakra seimbang akan lebih bahagia, lebih sehat dan lebih selaras dengan diri anda sendiri. Namun ketika salah satu titik cakra anda tidak sinkron dengan yang lain, ketidak-seimbangan itu akan mempengaruhi organ-organ utama yang terhubung dengan cakra tersebut, dan ketika itu terjadi akan ada efek berantai yang dapat membuat tubuh anda tidak sehat ataupun bahagia.

Chakra tidak hanya terhubung dengan organ tubuh tertentu, chakra juga memiliki ciri sifat yang berbeda-beda, yaitu;

Cakra Dasar (muladhara) chakra yang memiliki sifat dasar pertahanan diri yang terhubung dengan kelenjar adrenal, jadi bila anda malas bekerja, susah dapet kerjaan atau sering dipecat oleh perusahaan maka dapat dipastikan chakra dasar anda bermasalah.

Chakra Seks (svhadhisthana) sesuai namanya yang berhubungan dengan seks atau interaksi anda,terhubung dengan organ alat kelamin (gonad). bila anda mempunyai masalah dalam seks atau minder dalam berinteraksi dengan orang lain/lawan jenis maka dapat dikatakan anda bermasalah dengan chakra bagian ini

Chakra Solar Plexus (manipura) terhubung dengan pankreas yang mempengaruhi energi atau ego anda, solar plexus yang tidak seimbang akan membuat anda sakit-sakitan atau komplikasi yang disebabkan oleh ego atau emosi anda sendiri

Chakra Jantung (anahata) chakra yang mempengaruhi cinta kasih terhubung dengan organ thymus, mereka yang tidak memiliki empati bermasalah dengan chakra ini

Chakra Tenggorokan (Vishudda) asal kata dari wisuda atau pemurnian yang mempengaruhi manusia dalam ber-ekspresi, terhubung dengan organ thyroid

Chakra Mata Ketiga (Ajna) mempengaruhi kemampuan psychic atau intuisi manusia, itu sebabnya mereka yang mempunyai kemampuan lebih terkadang disebut indigo sebagai simbol implementasi dari warna chakra ini, terdapat pada kelenjar pituitary

Chakra Crown (Sahasrara) merupakan chakra spiritual, tempat dimana higher-self anda berada. Mereka yang "tercerahkan"lah yang telah mampu membuka chakra terakhir ini terletak pada kelenjar pineal atau ubun-ubun

Chakra dapat tidak seimbang apabila terlalu aktif, kurang aktif, tersumbat atau di blok. Ketidak-seimbangan chakra dapat terlihat pada mental, emosi dan fisik anda. Salah satu benefit dalam menguasai chakra adalah anda dapat mengatur keharmonisan antara tubuh, pikiran dan jiwa.

Urutan untuk pembukaan chakra dimulai dari bawah atau biasa disebut chakra dasar yang berwarna merah (muladhara) sampai chakra crown yang berwarna ungu (sahasrara). Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa setiap warna memiliki vibrasi tertentu, ketika anda menggunakan pakaian dengan warna tertentu maka itu dapat mempengaruhi resonansi vibrasi chakra anda, itu sebabnya bila anda ingin mengetahui chakra apa yang telah terbuka dalam diri anda, perhatikan kamar anda lebih cenderung dominan warna apa disana entah anda cek warna baju,warna meja, warna alas kasur, bantal, pintu, buku dll.

Memakan makanan yang memiliki warna tertentu juga dapat memperbaiki chakra tertentu, seperti memakan tomat atau apel baik untuk chakra dasar anda. Aneh bukan kalau semua sayur-sayuran hijau yang baik untuk jantung anda ternyata sesuai dengan warna chakra jantung? Mandi berendam dengan merubah warna air juga dapat membuka chakra anda dengan baik atau menggunakan cara terakhir melalui bimbingan mentor.

No comments:

Post a Comment